Jadilah Seperti Matematika


Sudah menjadi rahasia umum, matematika menjadi salah satu bidang mata pelajaran yang ditakuti banyak orang. Bukan hanya ditakuti, namun juga dibenci. Banyak alasan yang menyebabkan mereka benci terhadap permainan angka ini. Menurut mereka, belajar matematika itu sulit. 

Penyebab lainnya, pengalaman trauma yang dialami sejak duduk di bangku sekolah dasar. Bisa juga trauma dihukum guru gara-gara tak hafal perkalian, pembagian atau rumus-rumus.

Mereka bukan hanya benci pelajarannya, tetapi juga gurunya. Karena itu kebanyakan guru matematika itu tak memiliki fans. Bahkan, ada siswa dikala bertemu atau berpapasan dengan guru matematika, mereka memilih menghindar. Ada juga yang bilang, guru matematika seperti monster menakutkan. Hihihi… aum….

Tenang, meski Anda membenci matematika. Namun, ia sama sekali tak membenci Anda. Justru sebaliknya, ia ihlas membantu dan mempermudah Anda dalam menyelesaikan masalah sehari-hari. Ia selalu menemani hari-hari Anda. Misalnya jual-beli, pengukuran, menentukan arah kiblat, waktu salat dan lain sebagainya. Bahkan ia pun berada di dalam laptop, komputer dan Android Anda. 

Matematika mengajarkan kita menjadi manusia yang baik. Sebagaimana sabda Nabi saw. “sebaik-baik manusia adalah yang paling bermanfaat bagi manusia.”

Lalu Anda masih tak suka dengan matematika? Betapa jahatnya dirimu. Air susu kau balas air tuba. Huhuhuhu…. (emot nangis).

Kepohbaru, 14 Juli 2020

Oleh: Slamet Widodo
Guru MTs Negeri 3 Bojonegoro

Comments

Post a Comment