Sukses Itu...


Makna sukses dalam kamus Bahasa Indonesia (KBBI) memiliki arti berhasil, beruntung. Jika mendapat imbuhan ke-an, menjadi ke-sukses-an memiliki arti keberhasilan dan keberuntungan.

Masing-masing orang memiliki definisi sukses yang berbeda-beda. Dikatakan sukses apabila seseorang mampu mendapatkan apa yang menjadi cita-citanya. Ada pula yang berpendapat sukses itu diukur dengan materi. Mereka yang dikatakan sukses apabila memiliki banyak harta. Namun pendapat itu dibantah oleh tokoh-tokoh dunia.

Bill Gates pendiri Microsoft mengatakan, sukses adalah guru yang payah, kesuksesan mendorong orang-orang cerdas untuk berfikir bahwa dirinya tak akan pernah kalah.

Sementara itu, Thomas Alva Edison seorang penemu dan pebisnis memiliki pendapat sukses adalah 1% inspirasi, 99% keringat.

Zig Zaglar penulis asal Amreika memiliki pendapat yang berbeda. Menurutnya, sukses adalah melakukan yang terbaik apa yang bisa kita lakukan dengan apa yang kita miliki. Sukses adalah melakukan, bukan mendapatkan. Sukses adalah usaha, bukan kemenangan. Sukses adalah standar pribadi, meraih yang tertinggi yang ada di dalam diri kita, menjadi semua yang kita bisa. 

Ted Turner pendiri TBS dan CNN mengartikan sukses adalah saat kamu berperilaku dengan benar dan mampu menempatkan diri sebaik-baiknya.

Abah Makshum Alief, pembina Jamaah Istighotsah “Asmaul Haq” mengatakan, sesungguhnya di dunia tidak ada kata sukses. Sebab dunia ini adalah proses menuju negeri akhirat. Capaian-capain yang kita raih di dunia ini adalah estafet dari sebuah perjalanan hidup. Sukses yang sebenarnya adalah apabila manusia telah bertemu Tuhannya di surga kelak.

Dari berbagai pendapat tersebut bisa kita tarik kesimpulan bahwa sukses adalah proses usaha yang dilakukan manusia itu sendiri. 

Allah Swt. melihat pekerjaan dan usaha manusia, bukan hasil. Sebagaimana Firman Allah Swt. yang terdapat dalam Qur’an Surat At-Taubah ayat 105.

“Bekerjalah kamu, maka Allah dan rasul-Nya serta orang-orang mukmin akan melihat pekerjaanmu itu dan kamu akan dikembalikan kepada Allah lalu diberitakan kepada-Nya apa yang telah kamu kerjakan.”

Nah, bagaimana makna sukses menurut Anda?

Kepohbaru, 29 Juni 2020

Oleh: Slamet Widodo
Guru MTsN 3 Bojonegoro

Comments