Istimewanya Salat Isya’ dan Subuh


Saat buka-buka twitter, ada sebuah cuitan yang menarik perhatian saya. Pemilik akun @fakhrulazmi99 (Fakhrul Syakirin – Bendera Malaysia) membuat cuitan tentang hadits Rasulullah Saw. 

Rasulullah saw. bersabda:
“Ada tiga suara yang dicintai Allah Swt. Pertama, Suara ayam jantan yang berkokok menjelang waktu Subuh. Dua, suara orang yang membaca Al-Quran. Dan tiga, suara orang yang memohon ampun di waktu Subuh.”

Begitu tulisnya. Tak dilengkapi perawi hadits.

Salat Subuh, walaupun dua rakaat, namun sangat berat dikalukan. Karena itu Allah memberi motivasi kepada hamba-Nya, salat dua rakaat sebelum Subuh, nilainya seperti dunia dan seisinya. Tentu, pahala salat Subuh juga sangat besar dan hanya Allah yang tahu.

Ada sebuah ungkapan yang mengatakan, jika ingin mengetahui jumlah orang Islam, lihatlah saat salat Maghrib. Tetapi jika ingin mengetahui muslim yang berkualitas, lihatlah pada saat salat Subuh. 

Salat Subuh menjadi pembeda antara muslim yang sebenarnya dengan orang munafik. Sebagaimana sabda Rasulullah saw.

“Sesungguhnya dua salat ini (Subuh dan Isya’) adalah salat yang  berat bagi orang munafik. Sesungguhnya, apabila mereka mengetahui apa yang ada di dalam salat Subuh dan salat Isya’ maka mereka akan mendatanginya, sekalipun dengan merangkak. (HR. Ahmad dan An-Nasa’i).

Mari berusaha istikamah melaksanakan salat Subuh berjamaah di masjid. Dan juga mari mengajarkan anak-anak dan keturunan kita menjaga salat lima waktu sejak dini. 

Ingat, satu kali teladan lebih baik dari seribu nasehat!

Wallahu a’lam...

Simorejo,
11 Syawal 1441 H.
3 Juni 2020 M.


Slamet Widodo
Guru MTs Negeri 3 Bojonegoro

Comments

  1. Subahanallah...semoga kita bisa istiqomah dengan yg dua rakaat terberat pak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamin..
      Terimakasih banyak sudah mampir di blog saya.

      Delete
  2. Mantul pak...
    Semoga kita termasuk ke dalam orang yang selalu menjaga sholat dan bacaan Alquran
    Aamiin

    ReplyDelete

Post a Comment