Google Maps (agar tak) Menyesatkan


(Serba-serbi Idul Fitri)

Oleh: Slamet Widodo*)


Google Maps menjadi salah satu aplikasi penunjuk arah milik perusahaan raksasa Google. Aplikasi ini menyediakan layanan berbentuk peta. Google Maps dapat menampilkan gambar lokasi jalanan, kondisi jalan dan bahkan tingkat kemacetan. Selain itu, Google Maps juga menyediakan bentuk dan rupa secara detail dari planet bumi.

Aplikasi ini dapat diakses di mana saja dan kapan saja melalui perangkat komputer atau smartphone. Dengan catatan jaringan internet tersedia degan baik dan berjalan lancar. Koneksi internet yang kurang bagus dan tersendat akan mengakibatkan aplikasi Google Maps error. Tidak berjalan dengan baik dan bahkan menyesatkan.

Penggunaan aplikasi Google Maps di zaman now ini menjadi sebuah keniscayaan. Terlebih semakin berkembangnya layanan transportasi online. Aplikasi ini menjadi kebutuhan utama. Bukan hanya itu, Google maps sangat membantu bagi pengendara dalam perjalanan.

Kemarin, Selasa, 11 Juni 2019, saya memiliki pengalaman indah saat menggunakan aplikasi Google maps ini.

Saya beserta anak kedua dan istri berniat mengahdiri halal bi halal keluarga besar MTs Negeri 3 Bojonegoro. Lokasinya berada di rumah Pak Sholikin (Waka Humas), Bulu Terate, Sugihwaras, Bojonegoro. 

Saat berangkat ke lokasi, sengaja saya tidak bareng dengan teman. Sebab, saya sudah pernah dua kali ke rumah tersebut. Namun, tak begitu ingat jalan menuju ke sana. 

Sebelum berangkat, saya mengirim pesan pribadi dan meminta tuan rumah untuk share lokasi melalui Whatsapp. 

Gayung pun bersambut. Tak berselang lama, Pak Sholikin men-share lokasi di pesan pribadi dan di grup Dinas. 

Dengan percaya diri, saya berangkat membawa anak istri dengan motor Beat kesayangan istri, bermodal petunjuk arah yang telah dikirim kepada saya dan grup Dinas. 

Sejak dari rumah, saya sudah mensetting aplikasi Google maps dalam mode pengendara. Volume smartphone saya setting lebih keras. Agar bisa saya dengar saat berkendara. Dalam posisi stand by, smartphone android, saya masukkan ke saku baju. Saya pacu motor menuju lokasi. 

Perjalanan kami dari rumah hingga jalan raya Bulu Tetate Sugihwaras cukup lancar. Sebab, saya dan istri pernah melewati jalan tersebut beberapa kali. Namun, jalan menuju lokasi acara, saya masih agak ragu. Nah, dalam kondisi seperti ini saya mempercayakan sepenuhnya kepada Google maps.

Saya patuh kepada perintah Google Maps. Katanya, tujuan saya tinggal 200 meter. Lalu belok kanan. Namun, saya ragu dengan perintah simbah Google Maps ini. Sebab, pertinggan yang ia maksud adalah jalan setapak menuju sawah. Akhirnya saya melanjutkan perjalanan sejauh kurang lebih 300 meter. Oleh simbah Google Maps, saya di suruh kembali. Saya pun mengikuti perintahnya. Dan benar. Lokasi yang ia maksud adalah sawah tegalan. 

Saya hentikan motor. Kemudian menghubungi Pak Sholikin. Meminta petunjuk jalan menuju ke rumahnya. Saya pun kembali dan bertemu dengan teman guru, Bu Nanik dan suami. Ia juga menuju lokasi yang sama dan mengalami hal yang sama dengan saya. Tersesat gara-gara Google Maps. 

Banyak hal yang bisa kita ambil dari kejadian ini. Seperti uraian saya di atas. Google Maps tak berjalan dengan baik apabila sinyal internet pada area tersebut dalam keadaan buruk. 

Setidaknya ada beberapa hal yang harus diperhatikan saat menggunakan aplikasi ini. Ketika men-share lokasi melalui Whatsapp, terdapat dua pilihan. Pertama, berbagi lokasi terkini dan kedua, kirim lokasi anda saat ini. 

Pada pilihan kedua, terdapat akurasi jarak lokasi. Semakin kecil angka akurasi, misalnya: 3 meter, semakin tepat sasaran. Namun sebaliknya, apabila angka akurasinya semakin besar, maka jarak sasaran semakin jauh. Hal inilah yang membuat kita tersesat dan menyesatkan. Semua itu tergantung kualitas sinyal yang kita dapatkan saat itu. 

Sementara pilihan pertama, berbagi lokasi terkini tak dilengkapi dengan akurasi jarak. 

Jadi, mari bijaklah dalam menggunakan Google Maps. Semoga bermanfaat.

--- 

Simorejo, Kepohbaru, 12 Juni 2019.



*) Guru Matematika MTs Negeri 3 Bojonegoro

Comments